topbella

Jumat, 17 Oktober 2014

Aku Untuk PLN



Dalam BLOG saya kali ini saya akan memberikan masukan buat PLN 

PLN?? Apa sih itu?? Tau gak kepanjangan PLN??

Yap.. PLN adalah Perusahaan Listrik Negara .

Satu kata deh buat PLN.. LISTRIK. 

Terus listrik itu apa??

LISTRIK pada dasarnya, merupakan daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan ataupun melalui sebuah proses kimia dimana hasil dari proses kimia tersebut bisa digunakan untuk kemudian menghasilkan panas, cahaya, atau bahkan bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan sebuah mesin. Ada banyak hal dan kata yang berkaitan dengan listrik itu sendiri. Dimana semua hal yang berkaitan dengan listrik sudah pasti turut memanfaatkan energi dari listrik itu sendiri.

Manusia mungkin tidak dapat hidup tanpa listrik, dan PT PLN (Persero) adalah Wadahnya, tapi tahu kah kalian? Sebenarnya masih ada energi alternatif yang bisa kita gunakan untuk mengganti listik dan juga masukan nih buat PLN .

Tahu gak manfaat dari Energi matahari dan angin? Energi matahari dan angin merupakan energi alami yang  tidak merusak alam.

LALU??

Terus tau gak apa itu batubara? Batu bara kan energi yang dimanfaatkan oleh PLN. Tapi tahukah kalian?? Penggunaan energi batu bara itu dapat merusak alam lohh, tapi kenapa masih digunakan juga?? Disini PLN dapat menggunakan energi alternatif Matahari dan angin.

Dalam ini kita bisa menggunakan Panel Solar yang terdiri dari delapan panel solar dengan daya 100 watt dan 28 panel solar dengan daya 50 watt yang di pasang di atap atau tubin rumah kita. Dan juga sebuah turbin angin berdaya 1.000 watt . Fungsi turbin menciptakan energi dari angin sebagai substitusi energi listrik saat matahari bersembunyi pada saat musim hujan. 

Jika kita pengaplikasikan cara ini maka memperoleh energi listrik rata-rata 2600 watt atau 2x lipat listrik langganan PLN (1.300 watt). Dengan perangkat yang terpasang 70 persen, daya listrik yang diperoleh 2.000 watt. Otomatis kita juga bisa menjadikan Listik dari PLN itu cadangan saja, sehingga jadi lebih murah dan ramah lingkungan.

Tapi kalau difikir memang energi solar cell memiliki kelemahan, tapii kita juga harus sadar, kita harus bisa memanfaatkan energi yang ada demi menjaga lingkungan dan melestarikan alam, kita juga dapat menghemat dalam berbagai penggunaan listrik dengan cara ini. Dan apabila kita dapat mengaplikasikan cara ini maka segala penggunaan listrik akan menjadi lebih murah, dan PLN juga dapat memanfaatkan cara seperti ini. Kalo mau di fikir yah, buat apa tuhan memberikan kita anugerah Matahari kalau kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik?? 

Dan  selama PLN masih menggunakan bahan bakar minyak dan gas, selama itu pula pemerintah harus memberikan subsidi listrik dan selama itu pula harga jual listrik tinggi. Itukan juga menyulitkan masyarakat dengan golongan ekonomi tingkat rendah. Energi listrik yang kita nikmati jumlahnya juga terbatas. Sementara tingkat pertumbuhan kebutuhan listrik setiap tahun cukup tinggi. Jika kondisi ini dibiarkan, bukan mustahil di masa depan kita akan mengalami krisis listrik. Untuk itu energi alternatif sangatlah dibutuhkan saat ini. Demi kelangsungan masa depan juga .

Dan menurut beberapa komplain dari para pengguna listrik yang saya dengar adalah, sebaiknya juga PLN  memperbaiki tingkat pelayanan atau apresiasi pelanggannya. Karena masyarakat sangat kecewa dengan tindakan PLN yang bolak balik memadamkan aliran listrik. Jika konsumen telat bayar, kena denda. Masalahnya, coba kalau PLN padam apa PLN mau didenda sama konsumen?.

Usul saya cobalah PLN Menerapkan nilai-nilai KALLA dalam pengaplikasiannya . KALLA yaitu :

K = Kerja ibadah

A= Apresiasi pelanggan

L = Lebih cepat

L = Lebih baik

A = Aktif Bersama


Semoga bermanfaat .

Salam. Allahu akbar :D

1 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Dimas Agung Prayitno
Lihat profil lengkapku